Times & Directions Give

Reaching the Lost,
Teaching the Reached
to Live a Christ-centered Life

Kebaktian Minggu (Sunday Service)

10:30 pagi - 12:15 siang

Sekolah Minggu (Sunday School)

10:30 pagi - 12:00 siang

Parkir GRATIS setiap hari Minggu. Informasi selengkapnya dapat dilihat di link ini.

Indonesian Christian Church

Werner Brodbeck Hall, 156 Collins Street

Melbourne, Victoria 3000

navigate Xclose

Tes Kewarganegaraan Surgawi

Darimana anda tahu bahwa anda adalah warga negara kerajaan Surga, atau dengan kata lain, bahwa anda adalah pengikut Kristus yang sejati? Di dalam pelayanan Yesus, secara umum orang-orang di sekitar-Nya dapat dibagi ke dalam 3 kategori: foe (musuh), fan (penggemar/simpatisan), atau follower (pengikut). Garis pemisah di antara ketiga kategori ini kadang-kadang kabur. Para pengikut, murid-murid-Nya sendiri, beberapa kali diperingatkan dengan keras oleh Yesus. Khususnya ketika cara mereka bertindak dan berpikir lebih mirip para musuh atau para ‘sekedar’ penggemar Yesus. Seringkali pengajaran Yesus, entah itu khotbah di bukit (Matius 5-7) atau perumpamaan-perumpamaan, dimaksudkan agar para murid (dan para penggemar-Nya) semakin sadar: aku ini masuk kategori yang mana?

Di perumpamaan penabur (Matius 13:1-23), Yesus menegaskan bahwa kita berada di zona bahaya kalau kita hanya datang ke gereja, terlibat aktivitas atau pelayanan, tetapi tidak pernah menjadi pengikut Kristus yang sejati. Tiga jenis tanah yang pertama menggambarkan respon manusia yang salah, terlepas dari berapa lama anda menjadi anggota gereja, majelis atau bahkan pendeta!

Anda bukan pengikut Kritus yang sejati kalau …

  1. Hati anda mengeras terhadap Injil (13:4, 19)
    Ini adalah orang yang sudah menetapkan hatinya untuk tidak mau mendengar atau menganggap remeh Injil, walaupun sudah / masih mendengarkan berulang kali.
  2. Hati anda tidak berakar di dalam Injil (13:5,6, 20, 21)
    Ini adalah mereka yang mendengar dengan dangkal. Setuju dengan berita Injil, tapi tidak pernah berkomitmen kepada Kristus. Firman Tuhan tidak mengakar cukup dalam sehingga hidupnya berubah.
  3. Hati anda mencintai ‘sesuatu yang lebih baik’ daripada Injil (13:7, 22)
    Ini adalah orang yang hidupnya diisi oleh prioritas, hobi, relasi lain yang ia anggap ‘lebih baik’ daripada Kristus.

Yesus kemudian menjelaskan bahwa orang-orang yang berada di zona bahaya ini harus berhati-hati. Untuk kebanyakan orang seperti ini, maka semakin banyak mereka mendengarkan Firman Tuhan dan berita Injil, justru akan semakin mengeraskan hati mereka. Sayangnya, sama seperti situasi bangsa Israel di Perjanjian Lama, mungkin seperti itulah keadaan banyak gereja Tuhan hari ini. Penuh dengan penggemar (atau mungkin musuh) Tuhan, tetapi miskin dengan pengikut Tuhan yang sejati. Kalau begitu darimana kita  bisa menguji bahwa kita adalah pengikut Kristus yang sejati?

Pengikut Kristus yang sejati adalah mereka yang … (13:23)

  1. Mendengarkan Injil
    Hatinya terbuka untuk berita Injil. Bukan saja melalui khotbah, tetapi melalui membaca Alkitab secara rutin, berbagian di dalam kelompok pemahaman Alkitab, memprioritaskan waktu untuk mendengarkan Firman Tuhan.
  2. Mengerti Injil
    Ini bukan sekedar memahami secara pemikiran. Istilah mengerti di sini berarti memberikan waktu agar Injil itu mengakar di dalam hati dan hidup kita. Mau berpikir secara mendalam, bertukarpikiran, bertanya.
  3. Bertumbuh melalui Injil
    Kalau kita perhatikan sebetulnya ada 3 tanah yang gagal berbuah, dan 3 tanah yang berbuah (100, 60 dan 30 kali lipat!). Ini menggambarkan perubahan yang terjadi karena kita terus mendengar dan mengakarkan Injil di dalam hidup kita. Apakah orang menikmati buah Roh (kasih, sukacita, damai sejahtera, kesabaran, kemurahan, kebaikan, kesetiaan, kelemahlembutan, penguasaan diri) waktu berinteraksi dengan kita sehari-hari? Apakah kita menggunakan karunia rohani kita untuk saling membangun di dalam gereja? Berapa banyak waktu yang kita berikan untuk membantu orang lain juga bertumbuh?

Apakah anda adalah pengikut Kristus yang sejati?