Times & Directions Give

Reaching the Lost,
Teaching the Reached
to Live a Christ-centered Life

Kebaktian Minggu (Sunday Service)

10:30 pagi - 12:15 siang

Sekolah Minggu (Sunday School)

10:30 pagi - 12:00 siang

Parkir GRATIS setiap hari Minggu. Informasi selengkapnya dapat dilihat di link ini.

Indonesian Christian Church

Werner Brodbeck Hall, 156 Collins Street

Melbourne, Victoria 3000

navigate Xclose

Penebusan Terbatas/Tertentu

Ajaran Penebusan Terbatas/Tertentu (L – Limited/Definite Atonement) mengatakan bahwa Yesus Kristus secara efektif menebus “hanya mereka yang telah dipilih sejak kekekalan untuk diselamatkan”. Di satu pihak ajaran ini mengatakan bahwa kuasa kematian Kristus cukup untuk menebus dosa seisi dunia. Tetapi pada saat yang sama Allah berkehendak bahwa kematian Anak-Nya hanya secara efektif menebus mereka yang telah Ia pilih dan berikan kepada Kristus dari sejak kekekalan.

Istilah definite atau particular (tertentu) mungkin lebih tepat daripada limited (terbatas). Seringkali orang berpikir bahwa limited seolah-olah ‘membatasi’ belaskasihan Allah terhadap orang berdosa. Sementara istilah tertentu lebih merujuk kepada maksud tujuan kematian Yesus. Yohanes 10:11 mengatakan bahwa Yesus sebagai gembala yang baik, menyerahkan nyawa-Nya bagi domba-domba-Nya. Itu sebabnya di Yohanes 6 dikatakan Yesus datang untuk menyelamatkan mereka yang diberikan Bapa kepada-Nya. Demikian juga di Matius 1:21 dikatakan Ia mati bagi umat-Nya, Yoh 15:13 bagi teman-teman-Nya, Kisah 20:28 bagi gereja, Ef 5:25 bagi mempelai wanita-Nya, dan Ef 1:4 bagi mereka yang telah dipilih di dalam Kristus Yesus.

Pengajaran ini penting untuk menekankan bahwa kematian Kristus bukan sekedar memungkinkan untuk mendorong orang berdosa datang kepada Allah. Melainkan justru kematian-Nya sungguh-sungguh membawa orang berdosa diperdamaikan dengan Allah.

Dengan kata lain, karya penebusan Kristus membayar lunas seluruh keselamatan kita: bukan saja pengampunan dosa, tetapi juga kelahiran baru (yang melaluinya kita bisa beriman dan berbalik kepada Kristus), dan juga menjamin penuh kemuliaan akhir yang akan kita terima.

Penebusan Tertentu, bukannya membatasi keselamatan tetapi justru menggambarkan betapa lengkap dan sempurnanya karya keselamatan Kristus—semuanya hanya dari Dia, oleh Dia, dan bagi Dia.

Diadaptasi dari ‘Theological Primer’ oleh Kevin DeYoung (The Gospel Coalition) dan Concise Theology oleh J.I. Packer

Kami juga telah menulis artikel pendek mengenai latar belakang munculnya singkatan TULIP: Apa itu Tulip? (http://www.icc-melbourne.org/icc-blog/post/apa-itu-tulip)