Times & Directions Give

Reaching the Lost,
Teaching the Reached
to Live a Christ-centered Life

Kebaktian Minggu (Sunday Service)

10:30 pagi - 12:15 siang

Sekolah Minggu (Sunday School)

10:30 pagi - 12:00 siang

Parkir GRATIS setiap hari Minggu. Informasi selengkapnya dapat dilihat di link ini.

Indonesian Christian Church

Werner Brodbeck Hall, 156 Collins Street

Melbourne, Victoria 3000

navigate Xclose

Lahir Dua Kali, Mati Satu Kali

Secara garis besar, hidup ini kita jalani dengan salah satu dari dua pola berikut: Lahir 1x, Mati 2x atau Lahir 2x, Mati 1x. 

Setiap orang pasti mengalami kelahiran fisik ke dalam dunia ini. Itulah kelahiran yang pertama. Dan setiap orang pasti akan mengalami kematian fisik keluar dari dunia ini. Itulah kematian fisik. Jadi lahir 1x, mati 1x adalah sebuah pola alam yang universal yang dialami setiap manusia. Alasannya sederhana. Kita lahir terkandung di dalam dosa, dan karena upah dosa adalah maut, maka kelahiran fisik akan berakhir dengan kematian fisik.

Namun Alkitab tidak berhenti disana. Keberdosaan kita juga membawa kita kepada kematian kedua, yaitu keterpisahan kekal dari Allah dimana manusia berdosa dilempar ke dalam lautan api (Wahyu 20:11-15). Itulah arti dari Lahir 1x, Mati 2x. Inilah realita kehidupan manusia berdosa dalam dunia berdosa.

Namun syukur kepada Allah. Kepada manusia yang dikutuk dosa tersebut, Allah mengutus Anaknya Kristus Yesus untuk melahirbarukan mereka yang percaya kepadaNya. “Kamu harus dilahirkan kembali”, kata Yesus kepada pemimpin agama bernama Nikodemus (Yohanes 3, 16).

Kelahiran baru inilah yang membuat kematian, baik yang pertama maupun yang kedua, menjadi tidak lagi berkuasa atas kita yang telah menerima Kristus sebagai Tuhan dan Juruselamat kita. Memang kita masih mati secara fisik, namun kita tidak akan mengalami kematian yang kedua. Inilah arti lahir 2x, mati 1x.

Di masa Natal yang baru lewat ini, kita diingatkan bahwa kelahiran Kristus lah yang memungkinkan kita untuk menghidupi pola lahir 2x, mati 1x. Hanya kelahiran Kristus yang memungkinkan kita untuk berpindah dari pola lahir 1x, mati 2x menjadi lahir 2x, mati 1x.